Mar 4, 2013

PTN dengan Kuota Bidik Misi Terbanyak Tahun 2013



Sebanyak 1.750 mahasiswa baru di Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan melaksanakan perkuliahan secara gratis. Mereka bahkan akan mendapatkan bantuan biaya hidup setiap bulan selama empat tahun hingga meraih gelar Sarjana.  

“Sudah menjadi komitmen Unnes untuk menyediakan minimal 20 persen bangku kuliah gratis bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi namun berasal dari keluarga tidak beruntung secara ekonomi,” ujar Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo, seperti dinukil dari laman Unnes, Rabu (27/2/2013).

Sudijono menjelaskan, seluruh beasiswa tersebut bersumber dari Bidik Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bahkan, lanjutnya, kuota Bidik Misi yang ditetapkan Unnes merupakan jumlah terbanyak di antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya.

“Di antara 95 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia, kuota untuk Unnes terbanyak. Jika dihitung, jumlahnya lebih dari separuh kuota untuk semua perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Berdasarkan amanah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, semua PTN di Tanah Air mendapatkan jatah Bidik Misi dengan beragam jumlah. Di Jawa Tengah, selain Unnes, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memperoleh jatah 800 beasiswa, Insitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta 180 beasiswa, Politeknik Negeri Semarang 150 beasiswa, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto 600 beasiswa, dan Politeknik Maritim Semarang 50 beasiswa.

Dia mengemukakan, selain bebas dari segala biaya kuliah selama empat tahun, para penerima beasiswa Bidik Misi akan menerima biaya hidup Rp600 ribu tiap semester. Mereka akan diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang pendaftarannya tengah berlangsung, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri.

“Di Unnes, sebagaimana proporsi penerimaan mahasiswa baru, 55 persen dari kuota Bidik Misi diterima lewat SNMPTN, 35 persen melalui SBMPTN, dan sisanya lewat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri,” urai Sudijono.

Menurut Sudijono, kriteria mahasiswa miskin yang dapat mengajukan diri untuk menerima beasiswa tersebut adalah mereka yang pendapatan kotor gabungan kedua orangtua atau wali tidak lebih dari Rp3 juta per bulan. “Pendapatan gabungan orangtua jika dibagi dengan jumlah anggota keluarga tidak lebih dari Rp700 ribu,” paparnya.