May 7, 2013

Apa Itu Dropship ?

Dalam sistem penjualan online, mungkin Anda pernah mengenal yang namanya Dropship. Atau bahkan Anda merupakan salah satu pelaku Dropship. Nah kali ini Admin akan Berbagi Ilmu tentang istilah Dropship, apa itu Dropship, keuntungan Dropship dan bagaimana langkah kerja seorang Dropship.

Dropshipping adalah metode penjualan dimana seorang pembeli mendapatkan barang, langsung dari produsen/agen, namun mereka membayar kepada pengecer. Adapun jika dipakai bagan, akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Sistematika Kerja Dropship

Apa sih keuntungan dengan adanya teknik Dropship ini ?
  • Untuk produsen/agen, tentunya barang mereka akan mudah laku karena dipasarkan oleh para pengecer. Semakin banyak pengecer, semakin besar pula kesempatan barang akan laku.
  • Untuk pengecer, mereka tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai usaha, karena mereka di dalam metode Dropship bertindak layaknya seorang makelar. Mereka menjualkan barang dari produsen kepada para pembeli, yang jika laku, mereka akan menerima komisi sebesar yang telah mereka perhitungkan. Dan jika tidak, maka mereka juga tidak akan menerima komisi.
Contoh Kerja metode Dropshipping :
Seorang pengecer membuka lapak di Kaskus, menjual tas sekolah yang di stock oleh Dropshipper seharga 50.000 IDR. Kemudian seorang pembeli tertarik, dan mengontak si pengecer untuk membeli tas tersebut yang dijual dengan harga 65.000 IDR. Si pembeli kemudian mengirim uang ke pengecer untuk membayar tas sekolah yang dibeli tadi. Kemudian si pengecer membayar ke Dropshipper seharga 50.000 untuk selanjutnya si Dropshipper mengirimkan barang ke pembeli atas nama si pengecer.

Dengan demikian, bisnis dengan metode Dropship sepertinya lebih menjanjikan, karena kita bisa mendapatkan uang komisi tanpa harus memiliki stock barang, atau dengan kata lain kita hanya perlu memasarkan produk untuk bisa mendapatkan komisi.