May 21, 2013

Menampilkan Foto di Pencarian Google

Menampilkan Foto di Pencarian Google
Sebagai seorang Blogger, tentunya mengharapkan artikelnya bisa banyak dibaca oleh para pengunjung, salah satunya adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), yaitu dengan mengoptimalkan kunjungan dari mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu. 

Nah, dari hasil pencarian mesin pencari tersebut, akan nampak beberapa hasil yang berupa teks. Siapa yang berada di halaman terdepan, maka akan lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk dikunjungi. Beberapa diantara hasil tersebut, mungkin kalian akan menemui perbedaan yaitu adanya foto di samping teks hasil pencarian seperti gambar diatas yang tentunya semakin membuat menarik suatu hasil pencarian.

Berbagi Ilmu akan membagikan tutorial bagaimana cara menampilkan wajah keren di hasil pencarian Google seperti gambar diatas. Yang admin bahas pada tutorial dibawah ini.

Tutorial Menampilkan Foto di Pencarian Google
1. Pertama, buatlah sebuah halaman "About Me" di blog Anda. Seperti halaman About Me yang sudah saya buat disini
2. Buatlah sebuah link pada halaman About Me yang mengarah ke profile Google+ anda. Jangan lupa menambah tag rel="me" ( hanya satu tag saja) di dalam link tersebut. Strukturnya seperti berikut ini :
<a href="https://plus.google.com/ID_Google+ Anda" rel="me">Username Google+</a>
3. Pastikan semua artikel di blog Anda terkait ke halaman About Me, disini saya menambahkan pada navigasi atas, jangan lupa menambah Tag rel="author" pada link tersebut.
Strukturnya seperti dibawah ini :
<a href="URL ABOUT ME" rel="author">About me</a>
Menampilkan Foto di Pencarian Google
4. Selanjutnya, buka akun Google+ Anda, kemudian klik " Edit Profile " jika sudah pilih "Links" silahkan tambahkan link ke halaman About Me yang tadi sudah anda buat. Sampai tahapan ini sebenarnya sudah selesai dan biarkan google merayapi halaman Anda terlebih dahulu.

NB : Mungkin Anda akan membutuhkan waktu beberapa hari agar foto profil dapat terpampang di hasil pencarian, tergantung dari Google merayapi halaman Anda.