May 20, 2013

Baru! Formulir Kontak Blogger, Lebih Mudah dan Simpel

Blogger nampaknya mulai memperbaiki beberapa fiturnya, setelah beberapa waktu yang lalu para pengguna disuguhkan berbagai macam fitur baru, nampaknya kali ini para pengguna kembali dimanjakan dengan keberadaan widget terbaru yakni Contact Form.

Contact Form ini memudahkan pengguna Blogger untuk menerima pesan, kritik dan saran yang bersifat pribadi. Kerennya lagi, Contact Form ini cukup simpel dan mudah untuk diterapkan di blog.

Jika sebelumnya untuk membuat sebuah Contact Form butuh aplikasi dari pihak ketiga, sekarang ini Blogger telah memberikan sebuah widget Contact Form yang dapat Anda tambahkan dengan sangat mudah, dengan fungsi yang sama.

Untuk menambahkan widget Contact Form cukup seperti menambahkan widget-widget Blogger yang lainnya, yaitu dengan :
1. Login ke akun Blogger
2. Membuka Tab Tata Letak, kemudian Tambahkan Gadget

3. Kemudian pilih Gadget Lainnya, pilih Formulir Kontak, kemudian klik pada tanda plus (+)

Contact Form Terbaru Blogger
4. Jika sudah, maka akan muncul sebuah formulir kontak di sidebar blog Anda. Terdiri atas 3 kolom yaitu : Nama Pengirim, Email Pengirim serta pesan yang akan disampaikan kepada penerima.

Email Melalui Contact Form
5. Apabila pengunjung telah mengirimkan pesan melalui formulir kontak, maka akan ditujukan kepada email Admin Blog tersebut, sebagai contoh punya saya yang sudah saya coba dan hasilnya nampak satu email masuk melalui Formulir Kontak.

Dengan adanya widget ini, seorang Blogger pemula sekalipun akan bisa menambahkan formulir kontak ke dalam blog mereka, dengan tujuan tentunya untuk mendapatkan sebuah pesan yang membangun dari kawan-kawan semuanya.