Jun 14, 2014

Tips Memilih Nama Anak

Tips Memilih Nama Anak

Dalam memberikan nama si buah hati, tidak jarang orang tua yang asal menggabungkan atau meniru nama untuk si buah hati yang dianggap indah, namun sebenarnya tidak memiliki kandungan makna yang cukup berarti. Apalagi jika orientasinya hanya terdengan keren, sekedar ikut-ikutan, atau meniru bintang sinetron yang terkenal, tetapi sebenarnya memberikan nama untuk si buah hati tolak ukurnya adalah tidak sekedar indah, namun pastikan memiliki makna yang bagus.

Karenanya, tidak sedikit orang tua yang merasa bingung dan sibuk menyiapkan nama untuk calon si buah hati tercinta. Selama menimbang dan memilih pemberian nama untuk si buah hati, suatu hal yang menyenangkan, tetapi tidak jarang yang membuat bingung dan merasa ragu-ragu.

Meskipun banyak sekali yang bisa menjadi sumber inspirasi dalam memberikan nama untuk si buah hati. Wajar saja, karena nama ini akan melekat terus dalam hidup sang anak kelak, dan mempengaruhi kehidupannya.

Dalam proses memberikan nama si buah hati, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Mempunyai arti yang baik
Nama memiliki efek tersendiri dalam kehidupan sang anak, jika orang tua asal pilih saja dalam memberikan nama, maka anak akan menjadi korban. Bisa jadi ia akan malu dan minder, jika nama yang melekat padanya memiliki arti yang tidak bagus. 

2. Memiliki keserasian, mudah diucapkan dan enak di dengar
Dengan keserasian ini, maka nama bayi akan mudah untuk dihafalkan. Bayangkan saja jika kelak anak Anda akan sudah mengurus raport, KTP,SIM, hanya karena kesalahan eja nama yang berulang kali terjadi.

3. Menunjukkan jenis kelamin yang jelas
Hal ini untuk mengurangi kesalahan dalam mengidentifikasi jenis kelamin bayi di kemudian hari. Urusan akan menjadi repot, hanya gara-gara identifikasi yang kurang jelas dari nama.

4. Anda merasa nyaman dan menyukainya
Tentu saja Anda harus menyukai nama yang Anda berikan untuk anak Anda. Mungkin banyak yang memberikan saran untuk nama si buah hati Anda. Meski demikian, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menerima saran dari orang lain, jika Anda memang tidak menyukainya.

5. Mengumpulkan daftar sebanyak mungkin nama si buah hati yang baik
Cara ini akan memudahkan Anda untuk menentukan pilihan nama terbaik untuk si buah hati Anda. Anda bisa menentukan dulu makna atau harapan yang Anda inginkan terhadap si buah hati Anda, selanjutnya mencari padanan katanya dalam bahasa lain. Jika sudah mantap, Anda bisa memberikan nama si buah hati Anda dari pilihan terbaik.

Selamat berburu nama untuk si buah hati :)