Apr 13, 2014

Tips Memilih Tempat Kost

Tips Memilih Kost Aman dan Nyaman
Kamar Kost Bersih dan Nyaman
Kost menjadi salah satu alternatif hunian ketika kita berada dalam perantauan yang jauh dari sanak saudara, misalnya ketika menempuh pendidikan lebih tinggi seperti kuliah. Di beberapa tempat menyediakan tempat kost dengan berbagi tipe dan fasilitas yang ditawarkan, mulai kelas bawah hingga kelas mewah.

Terkadang timbul banyak masalah atau ketidak cocokan dengan  kost yang sudah dipilih. Atau mungkin malah membawa dampak yang buruk pada diri kita sendiri selama berada dalam tempat tersebut.

Nah, sebelum menentukan untuk nge-kost  dimana dan supaya tidak salah pergaulan , sebaiknya simak dulu tips-tips berikut ini.

1. Pilihlah tempat kost yang dekat dengan kampus
Jangan sekali-kali Anda mencari kost yang jauh dari kampus, karena akan menambah biaya transportasi yang otomatis menambah beban  Anda perbulannya. Usahakan untuk mencari kost yang dekat dengan kampus, terlebih jika bisa dijangkau dengan jalan kaki, sekalian irit BBM (hehehe)

2. Pilihlah tempat kost yang memiliki peraturan yang bersifat mendidik
Terlebih untuk para cewek yang bingung menentukan tempat kost, ada baiknya memilih kost yang mempunyai peraturan yang mendidik, misalnya keluar maksimal jam 21.00, tamu cowok dilarang masuk, dsb. Dengan demikian Anda akan merasa memiliki orang tua kedua yang secara tidak langsung mengawasi selama jauh dari rumah tercinta.

3. Pilihlah tempat kost yang strategis
Kost yang strategis secara tidak langsung akan mempermudah Anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari,  beberapa pertimbangan yang dapat digunakan sebagai acuan adalah dekat dengan kampus, warung makan, warnet, minimarket ataupun mall.

4. Pilihlah tempat kost yang bersih
Unsur kebersihan sangatlah penting, periksalah kebersihan lorong kos, kamar mandi, kamar-kamar yang ditawarkan pemilik kos dan ruang-ruang yang nantinya kita gunakan. Jangan sampai nantinya Anda menyesal karena telah memilih kost yang tidak bersih dan bau yang menambah ketidaknyamanan aktifitas Anda.

5. Pilihlah tempat kost yang berdaya listrik mewadai
Sebagai anak kuliahan maupun pekerja, tentunya ada saat-saat jenuh di tempat kost. Peran 
barang elektronik seperti handphone, laptop maupun TV sangatlah membantu, jangan sampai Anda merasa bosan Karena tidak bisa mendapat hiburan hanya karena kost berdaya listrik rendah.

6. Pilihlah tempat kost yang aman
Cara cari tahu faktor keamanan kos-kosan yang akan kita tempati bisa melalui penghuni kos yang sudah lama menetap disana. Tanyakan apakah pernah ada yang kemalingan di kos atau ada orang asing yang tiba-tiba menerobos masuk. Kita juga bisa tahu seberapa aman kos-kosan dari lingkungan sekitarnya. Akan lebih bagus bila kos itu terletak di sebuah kompleks yang memiliki satpam.

7. Pilih tempat kost yang biaya rendah
Nah kalau soal ini tergantung pada kantong masing-masing. Memang, semakin tinggi harga, semakin bagus pula fasilitasnya. Tetapi dengan memperhatikan kriteria diatas, sepertinya sudah memenuhi kriteria yang bagus. Sehingga Anda tidak perlu memilih tempat kost yang "waw" dengan harga selangit.

Itulah beberapa tips bagaimana cara menentukan tempat kost yang memberikan keamanan dan kenyamanan. Jangan sampai Anda salah memilih kost yang pada akhirnya akan membosankan diri Anda sendiri.
Ingin menambahkan ? silahkan kirimkan tips Anda dengan cara berkomentar dibawah ini.