Apr 27, 2013

Pengertian Website Responsive dan Cara Mengeceknya


Website Responsive

Belakangan ini, dunia website sedang marak dengan trend responsive. Hal tersebut semakin di dukung dengan banyak bermunculan device Smartphone dan gadget-gadget terbaru yang mendukung berbagai kebutuhan seperti berjejaring sosial, melakukan upload dan download data dan juga melakukan browsing ke dalam sebuah website.

Karena kita tidak bisa memperkirakan pengunjung kita menggunakan device apa, mau tidak mau kita sebagai pemilik website harus memiliki website yang bisa diakses melalui device SmartPhone tersebut. Beberapa CMS sudah menyediakan plugin atau tema yang sudah mendukung responsivitas.

Lantas, apa sih Responsive itu ?
Responsive adalah teknik untuk membuat layout website dapat secara otomatis menyesuaikan diri dengan tampilan device pengunjung, baik ukuran maupun orientasinya. Jadi tampilan yang berada di desktop komputer dengan tampilan yang diakses melalu SmartPhone misalnya, itu akan berbeda tampilannya. 

Istilah Responsive web design awalnya dicetuskan oleh Ethan Marcotte dalam sebuah artikelnya di ListApart(http://www.alistapart.com/articles/responsive-web-design/). Ia mengulas tiga teknik yang telah ada yakni Flexible grid layout, flexible images, dan media and media queries ke dalam satu pendekatan dan menamakannya Responsive Design. Beberapa istilah yang digunakan untuk mengacu hal yang sama antara lain fluid design, elastic layout, rubber layout, liquid design, adaptive layout, cross-device design, dan flexible design.

Kita bisa mengecek responsivitas website kita dengan menggunakan tools online pengecek responsivitas disini atau bisa juga dengan mengecilkan ukuran layar pada browser yang digunakan. Jika tampilan website Anda telah menyesuaikan dengan ukuran berbagai layar pada tester, maka website Anda bisa dinyatakan Responsive.